Pertanyaan dan Informasi

iya, mungkin saya akan coba ke pos indo besarnya untuk tanya, karena biasanya 1-2 bulan ada beberapa surat yg datang, tp ini nggak ada sama sekali, agak aneh sih, atau mereka numpuk dulu supaya sekalian dikirim .

Semoga berhasil @nurulnisaulfa . Kadang suka skeptis sama pelayanan pos Indonesia kalo ditanya ini itu petugas banyak yang kurang paham :sweat_smile: . Mungkin lebih baik untuk sementara akun di inactive? Setidaknya sampai masalahnya selesai, supaya gak banyak kartu yang harusnya diterima jadi expired di pengirimnya dan di kakanya juga lebih baik supaya gak lebih banyak kartu yang gak jelas kemana. Sekedar saran :pray:t2:

Wah Terimakasih infonya bro, jadi di bawah alamat penerima, cukup tambahin “Via Singapore”, gitu doang yah?

Iya, waktu masih cuma bisa kirim ke 7 negara. Tulisan via nya kecil, Singaporenya gede. Sebagian besar sudah sampai semua. Sekarang sudah bisa kirim ke banyak negara Eropa. Kalau ikutan tag di forum dan di tag orang Eropa dari negara yang belum bisa airmail, diganti “via Germany”. Sudah sampai ke Kroasia 2x

Kiriman Juli saya yang belum sampai hanya 1 ke Russia
Kalau ke Jerman biasanya ± 2 minggu s/d 4 minggu. Termasuk negara yang cepat. Apa ini kartu official?
Kalau official kemungkinannya :

  • Si penerima sedang tidak aktif (liburan)
  • Kartunya terselip entah dimana :laughing:

kemarin saya coba cara pakai via singapore jd lebih cepat sampai, terima kasih ya tipsnya

1 Like

Kalau official, gak pake via juga gak apa apa ka. Kemarin di tambahin via soalnya layanan pos udara ke Eropa belum buka. Kalau sekarang, semua alamat negara² official itu yang layanan pos udaranya sudah dibuka.

Kalau saya pribadi, cuma pernah kirim 2 kartu susulan dari semua kartu expired saya. Ke Singapura 1, ke USA 1. Kalo ke negara lain saya belum pernah :sweat_smile: . Saya kirimnya kalau sudah +90 days traveling . Sebenernya kalau gak mau kirim kartu kedua gak apa juga. Kalau kartu kita expired, nanti alamat kita masuk ke daftar alamat yang bisa ditarik lagi buat dapet official

1 Like

makasih sarannya sudah saya coba kurang dari sebulan 2 kartu pos nyampe Jerman dengan selamat sentosa

Haloo, punten mau tanya, di bulan Desember saya kirim kartu pos dari Korea Selatan ke teman saya di Bandung. Sampai sekarang teman saya belum terima dan coba tanya ke kantor pos (tapi ini kantor pos kecil katanya), malah ditanya nomor resi :smiling_face_with_tear: Kalau ada kemungkinan nyangkut di kantor pos, baiknya tanya ke kantor pos ke lebih besarnya kah?

Barangkali ada saran dari temen2, soalnya domisili saya sedang ga di Indo jadi kurang update sama situasi pos di Indonesia sekarang. Terima kasiih

Halo Ka, saya juga senasib. Kiriman Oktober 2022 s/d Juni 2023 semua gak ada yang sampai :sweat_smile:

Awal mula periode kiriman hilang ini sejak update barcode LC ke barcode UZ untuk incoming mail

Kalau tanya ke kantor pos, pasti ditanya resi. Kalau bilang kiriman berprangko, biasanya dijawab “prangko gak bisa dilacak, dan kalau hilang gak tau hilang dimana” :upside_down_face: . Nah saya malah bingung terus fungsi ditempel barcode UZ yang katanya bisa buat tracking itu buat apa?

Waktu itu saya pernah ke kantor pos kelurahan deket rumah, lalu dijawab kalau kiriman dikirim di kantor pos wilayah saya (Jakarta Selatan) itu dari KP Jakarta Selatan Fatmawati. Sempat ditanyakan juga disana, gak ada kiriman yang nyangkut belum dikirim. Jadi saya spekulasi mungkin nyangkut di MPC Jakarta

Sabtu kemarin saya & @IndonesiaRaya coba menanyakan ke MPC Jakarta , kemana kiriman kiriman yang belum sampai. Kami masuk ke dalam MPC dan diperlihatkan juga kalau disana sudah tidak ada kiriman lama yang belum diproses.

Dari situ saya bisa kira, mungkin kiriman2 yang hilang ini masih nyangkut di bagian import (tempat penempelan stiker UZ), atau mungkin ikut masuk ke surat dan kiriman yang dinyatakan alamatnya tidak jelas / hilang :sweat_smile: . Ini di kantor pos pusat Jakarta

Kalau untuk saya kiriman baru yang dikirim July 2023 mulai sampai secara normal

Sepertinya banyak juga temen2 postcrossing lainnya yang hilang kirimannya tapi saya kurang tau periode hilangnya kapan

2 Likes

:cry: :cry: :cry:
Incoming saya akhir2 ini 99% USA semua. Entah yg dr negara2 lain kemana. Pdhl ada yg ke Lombok sudah sampai tp ke saya gk sampai, dikirim nya barengan :sob:

1 Like

Terima kasih kak jawabannya. Memang masih ga terlalu jelas ya kira-kira kalau hilang kemana :smiling_face_with_tear: semoga ke depannya Pos Indonesia bisa lebih baik lagi aamiin

1 Like

Hallo Postcrosser, saya newbie di Postcrossing. Saya baru pindah alamat ke Indonesia dan di Indonesia alamat saya tidak ada nomor rumahnya. Itu gimana ya? Karena postcrossing mibta saya untuk update alamat dgn nomor rumah…
Terima kasih sebelumnya

Halo, Adelia. Selamat bergabung! :blush:

Terkadang memang ada alamat yang tidak punya nomor rumah. Di forum juga pernah baca ada di negara mana gitu yang tidak ada nama jalan atau nomor, tapi asalkan ada nama penerima dan patokan/arahan plus kurir sudah biasa mengantarkan ke sana, jadi tidak masalah. Ada juga Postcrosser yang mencantumkan nomor teleponnya untuk dihubungi kurir, tapi itu tergantung masing-masing. Yang penting masih ada nama penerima, nama jalan/gang, RT, RW, dan kode pos.

Coba cari informasi apakah ada kurir yang pernah mengantar ke sana, patokan yang biasa dipakai penghuni sebelumnya atau tetangga, kalau ada kiriman paket/surat biasanya gimana, dll. Jadi di alamat nanti bisa tulis patokan/arahan/deskripsi singkat rumahnya yang mana (misal: “pagar merah”). Bisa juga coba tes dulu kirim kartu pos ke alamat sendiri.

Kalau pas update alamat ternyata ditolak dari Postcrossing-nya karena nomor, coba hubungi admin dan jelaskan kalau alamatmu memang tidak ada nomor rumah.

Semoga bisa menemukan solusi terbaik yang cocok sama alamatmu ya. :blush:

Terima Kasih :slight_smile:

Selamat malam semua,
Saya baru aja kembali mengaktifkan akun Postcrossing nih.
Mohon arahannya dong untuk tarif prangko untuk kartu pos. Bukankah seharusnya tarifnya itu sesuai negara yg dituju? (misalnya, 8 ribu untuk Rusia, 9 ribu untuk Jerman, dll)
Tapi td saya ke kantor pos medan, staffnya mengatakan bahwa tarif prangkonya Informasi dari pusat): 15000 flat untuk semua tujuan luar negeri, 3500 flat untuk sesama kota Medan, dan 10000 flat untuk dalam negeri di luar kota Medan (lalu selanjutnya dia mengatakan bahwa meskipun taruh prangko 8000 atau 9000 tetap akan diproses sih, dan saya bilang yaudah coba aja dulu mbak dengan prangko 8000nya)
Would be very happy kalo ada yg mau membantu untuk menjelaskan hehe terima kasih! :smile: *agak deg-degan kalo misalnya kartu pos saya malah tidak diproses dan dibiarkan begitu saja

Tarif terbaru ada disini ya ka. Buat referensinya ada di tautan link tersebut

Ke Eropa rata2 9000 sekarang

Itu tarifnya berdasarkan tarif terbaru tahun 2022 dari Kemenkominfo. Kepmen 222 tahun 2022. Kalau petugas gak percaya bisa di kasih linknya :laughing:

Biasanya di konter kantor pos, petugas punya komputer yang bisa buat cek tarif satu persatu sesuai negara tujuan. Kalo main getok harga gitu sih, antara petugasnya gak tau, males cari tau atau emang mau “main” aja wkwk

Kalau saya pribadi ketemu kantor pos begini saya mending gajadi kirim disitu dan cari kantor pos lain terdekatnya

Thank you kak untuk fast responsenya hehe

Iya nih, kemarin saya udah liat juga untuk tarif terbaru tahun 2022.
Makanya td saya sempat bilang ke mereka kalo setau saya sih peraturan terbaru mengatakan bawa tarif untuk Jerman 8000 dan Rusia 9000. Tapi petugasnya kayak insist info dia itu info dr pusat hadeuhhh

Duh semoga tetep terkirim deh kartu posnya karna udah terlanjur nitip disitu juga hmmm :pray:

Thanks infonya and happy postcrossing! :slight_smile:

Halo semua! Saya sangat baru dalam memposting penyeberangan tetapi saya telah mengirimkan banyak kartu ke teman saya di belanda. Namun, dengan postcrossing saya sudah mengirimkan kartu ke Eropa dan Amerika tetapi belum ada satupun yang sampai, sudah hampir 60 hari, terlebih lagi saya belum menerima kartu kembali selama sebulan terakhir. apakah mungkin ada masalah dengan perjalanan udara? Aku mengerti kalau ini hari lebaran, tapi aku mengirimkannya beberapa minggu yang lalu.

Halo! Selamat datang di komunitas. :smiling_face:
Saat pertama bergabung memang butuh kesabaran ekstra sebelum bisa menerima kartu pos. Setelah kartu pos yang kamu kirim sampai dan di-register, Postcrossing akan mengingatkan di e-mail untuk memeriksa kembali alamatmu. Beberapa hari setelah itu, barulah Postcrossing akan memberikan alamatmu ke anggota lain. Jadi, saat ini kemungkinan besar belum ada kartu pos yang sedang menuju alamatmu.

Biasanya Amerika, Rusia, China butuh waktu lama untuk sampai (1-2 bulan atau lebih). Belanda memang biasanya cukup cepat, tapi negara Eropa lainnya kadang cepat, kadang lambat tergantung situasi & penerima. Pos Indonesia sendiri memang agak lambat pelayanannya (ke sesama negara Asia saja bisa 2 minggu ~ 1 bulan).

Saran saya tunggu saja lagi. Setelah 60 hari, kartu yang kamu kirim akan expired dan kamu bisa minta alamat lain untuk kirim lebih banyak kartu (kartu yang expired tidak akan hilang, masih bisa di-register sampai batas 1 tahun).

Jika kartu masih tidak sampai juga (misalnya lebih dari 100 hari), kamu bisa cek apakah penerima masih aktif, atau kirim pesan dan tanya apakah kartumu sudah sampai (kadang ada penerima yang lupa register kartu).

Semoga kartu pos cepat berdatangan ke tempatmu. :blush:

1 Like