Kartu Pos ditempel Barcode Sembarangan

Siang ini, kartu pos yang saya kirim diterima oleh postcrosser dari Jepang. Sayangnya, pada kartu pos yang saya kirim, terdapat barcode dari kantor pos kita yang seakan-akan asal ditempel.


Jujur saya merasa malu karena terkesan petugas pos kita terlalu asal-asalan dalam memperlakukan kartu pos yang kita kirimkan. Terlebih hal ini juga dikomplain oleh penerima.
Apakah dari teman-teman punya pengalaman serupa? Rasanya saya ingin sekali menyurati penanggung jawab di kantor pos Indonesia supaya kejadian memalukan ini tidak akan terulang lagi di masa yang akan datang.

Salam Postcrossing.

Agak kesel ya liat yang kayak gini :frowning:
Tapi kayaknya sering banget petugas pos sampai segini teganya ngerusak kartu posnya. Sering liat kalo di gallery postcard dari Indonesia banyak yang kayak gini. Padahal beberapa kartu pos udah nyediain bagian barcode di belakangnya. Makanya selalu kirim pake prangko

Sent:

Received:

Iya, jujur kesel sih. Kayak kartu pos yang saya share, itu kenapa juga sampai 2 barcode? Kayaknya kalo kita dapat kartu pos dari luar negeri tuh, mereka tuh hati-hati banget nempelnya juga, ga sembarangan kayak gini. Semua kartu pos yang saya kirim pakai prangko padahal.

Beberapa ‘korban’ kartu pos yang saya kirim:

Waduh! Pake prangko tapi tetep di tempelin barcode?
Aku kira barcode itu pengganti prangko (jangan jangan aku salah ngerti). Aku selalu pake prangko dan untungnya gak pernah ada yang di tempelin barcode. Apa di tempelin barcode karena jumlah nominalnya kurang ka?

Mungkin bisa jadi kurang space, karena selama ini prangko yang saya tempelkan cukup. Tadi sempat tanya ke akun resmi di Instagram

Terimakasih informasinya ka. Baru tau saya. Jadi was was kalo kirim kartu ke luar nanti gambar atau pesan di bagian belakang kartu dirusak sama barcode LPU :pensive:

Selama ini kirim kartu belom pernah ada barcodenya pas di unggah sama penerima, mungkin bisa jadi ternyata ada barcodenya di belakang jadi gak tau soalnya yang di unggah bagian depannya aja.

Jadi penasaran besok besok kalo kartu di registrasi sama penerima mau nanya, apa ada barcodenya atau enggak

Cari cari info soal LPU yang keluar cuma pengertian Layanan Pos Universal aja, gak ada soal barcode. Kalau ternyata semua kartu pos di kirim dari Indonesia ada barcode LPUnya semoga aja sticker barcodenya bisa di perkecil atau di ganti sama cap mesin, kayak dari LN

1 Like

Astagaa langsung dikasih 2 gitu LPU nya :scream: Dikira Sarimi isi 2 kali ya :slightly_frowning_face:

Kalau memungkinkan sih bisa coba kirim dari kantor pos lain kak. Tanya petugasnya, kalau kirim di sana pakai LPU tidak.

1 Like

Saya udah nulis tentang ini di ig saya: medyloekito,
dan sudah pula diteruskan ke beberapa orang pos.
Tapi, ya masih terjadi terus penempelan lpu yg
seriously sembarangan.
Silakan lihat di ig saya, lalu forward ke orang2 pos yg dikenal,
supaya masalah ini jadi perhatian.

1 Like

Tadi aku baru kirim kartu pos, aku nanya sama petugasnya soal barcode LPU mereka malah bingung :joy::sob: tapi mereka bilang kalo di kantor pos itu gak di tempel barcode LPU cuma di cap aja. Aku kalo kirim kartu pos di kantor pos cabang kecil (levelnya di bawah kantor pos kelurahan)

Mungkin ada beberapa kantor pos yang gak pake LPU, seperti yang ka Adi bilang, ka Dj bisa coba kirim dari kantor pos lain yang gak ditempel barcode :pray:t2:

Semoga membantu

2 Likes

Entahlah, sampe dikasih 2 pula. Ga ngerti juga hobi banget tempel-tempel :confused:

Padahal prangko yang dikirim pun udah dicap loh sama pos disini


Kemarin sempet minta penerimanya untuk fotoin prangko untuk kartu pos yang saya kirim.

Noted. Semoga dengan banyak komplain dari pengguna pos, layanan pos dapat lebih ditingkatkan.

So far dpt kartu pos dr Indonesia, blm pernah dpt yg ditempel labelnya di sisi gambar. Baru dapat 3 sih, 2 official, 1 dr tag.

Hari ini dapat kartu pos USA yg sisi gambarnya ditutupi kertas, yg sisi kiri kanannya ditempel dgn washi tape, jadi gampang dicopot.
Karena ditutupi kertas, label barcode dr mesin pos tercetaknya di sisi kertasnya (barcode garis2 pendek warna orange). Tidak tercetak di sisi gambar.


Mungkin cara ini bs dilakukan spy Pak Pos tidak menempelkan label di sisi gambar, tp nempelnya di kertas covernya. Cuma perlu agak rajin dan niat ya. :sweat_smile:

Selama ini terima dr USA, ga pernah ada yg cover spt ini. Barcode tipis sih, jd di gambar ada barcodenya saya gak masalah.

Kl labelnya Pos Indonesia memamg terlihat mengganggu…sedih deh lihatnya. :sweat::sweat::sweat:

2 Likes

Bahkan cap prangkonya sampe bener bener nemplok ditengah tengah kayak gitu :sob: padahal bisa agak kebawahan ada space. Kalo prangkonya di cap se-frontal itu kesannya kotor dan kurang artistik ya huhu.

Apa mungkin karena budaya kirim surat pakai prangko udah gak banyak lagi~ jadi petugas posnya kurang paham filateli. Kasihan kita postcrosser Indonesia sebagai client Pos Indonesia kartunya dirusak

Btw, terimakasih ka @Macheng buat tipsnya! Jadi bisa kirim gak pake amplop (lebih sedikit kertas & prangko di cap) , atau gak kirim pake plastik (pernah liat ada yang kirim kartu pos di plastikin :joy:)

1 Like

Akhirnya tadi ke kantor pos lagi untuk ngirim. Iseng-iseng tanya ke petugasnya, ternyata barcode LPU itu ditempel di tempat pos kita kirim yang berarti kartu-kartu saya sebelumnya ditempel di tempat itu. Jadi saya ingatkan ke petugasnya, lain kali tolong ditempel di ruang kosong bukan pada gambar kartu posnya.

2 Likes

Ternyata yang ada masalah dengan sticker juga bukan pos Indonesia aja ka [PosNL] juga (Herstel stickers / Niet verwijderbare stickers PostNL - #23 by Jumu)

Di Pos Belanda juga ada. Cuma kalo mereka kayaknya untuk incoming cards dan bukan barcode tapi QR code

Cappos presisi di tengah prangko malah lebih bagus mas, lbh ada nilainya, memang tujuanny di terakan cap pada prangko, bukan karena jadi kotor or krg artistik. #onmyopinion

Untuk beberapa yang kolektor prangko, lebih suka yang capnya bukan bull’s eye , soalnya kalo ditengah tengah gambarnya mati. Walaupun capnya nanti juga pudar. Mungkin preferensi personal juga ya