Cara mengirim postcard pertama kali

Di kabupaten domisili saya, terdapat sebuah kantor pos yang masih beroperasi tapi bisa dibilang agak terbengkalai. Saya ingin mencoba postcrossing, baikitu ke luar negeri atau dalam negeri, sehingga minggu lalu saya memberanikan diri untuk bertanya ke kantor Pos tersebut mengenai tata caranya.

Sesampainya di sana dan bertanya soal itu, dua staf yang ada di front office terlihat kebingungan dan mengaku belum pernah melakukan pengiriman semacam ini. Secara garis besar, mereka berkata bahwa saya harus datang dengan kartu pos saya, dan perangko dapat dibeli di kantor Pos itu, namun mereka tidak tahu harga perangko ke negara tertentu. Saya sudah berusaha membaca tata cara yang disediakan oleh website ini, dan tampaknya ada 200 negara yang masih belum bisa dilayani oleh Pos Indonesia? Adakah newbie yang dulu seperti saya dan bisa menceritakan pengalamannya? Terimakasih banyak.

1 Like

Salam kenal kak @astavisa
Sblmnya apakah sudah punya postcard atau sudah tau dimana bisa beli postcard?
Kmrn wkt ke kantor pos apakah sudah di info di KP tersebut menjual prangko? nominal brp saja?
Apabila supply postcard dan prangko aman, bisa request alamat di web postcrossing, nanti otomatis alamat yg di berikan diluar dr 200 negara yg kita masih belum bisa kirim itu, jd tenang saja dan tidak usah terlalu kuatir.
Setelah dapat alamat, sisa pilih postcardnya, di tulis dan hias, klo bisa beli prangkonya dulu, bisa ditempel dulu prangkonya baru di tulis dan di hias, tp apabila tidak bisa, pastikan siapkan tmpt kosong cukup utk penempelan prangko.
Kemudian ke kantor pos antarkan postcard tsb.
Sudah deh, sisa duduk manis menunggu kapan postcard tersebut sampai. Biasanya sih sekitar 1 bulanan.
PS. jgn lupa tulis no ID card nya yaa
Good luck and have fun :grin:

Selamat datang di forum ka @astavisa

Memang kegiatan berkirim surat dan kartu pos istilahnya udah gak jaman lagi. Jadi kadang di tempat tertentu petugas pos kurang paham dan terkesan bingung soal ini :laughing: . Untuk tarif terbaru prangko bisa dilihat disini : Prices of stamps for postcards in all countries/territories (wiki)
Secara garis besar kirim pesan Eropa butuh 9000, ke Amerika 10.000 dan ke Asia Pasifik & Australia 6000. Nah kalo ke sesama ASEAN 5000 saja (harga untuk 1 kartu pos) . Nah kebanyakan postcrossers asalnya dari Jerman, USA & Russia. Jadi kemungkinan besar butuh jumlah 9000 - 10000.

Jangan lupa tanyakan soal LPU :laughing:
Bincang-bincang tentang LPU bisa dilihat disini

Saya kurang paham kalau soal ketersediaan kartu pos. Kalau disini sudah jarang yang jual kartu pos di tempat umum seperti toko buku, museum, mall dll. Kalau saya pribadi beli di toko online

happy postcrossing

Halo, kak, dan salam kenal juga!

Kebetulan salah satu buku yang aku beli punya bonus kartu pos,jadi mungkin aku akan pakai itu dulu. Waktu ke kantor Pos di postinganku tadi, stafnya tidak tahu jumlah pasti, hanya memberi estimasi 10-20k dan tidak menunjukkan bentuk prangkonya walaupun dia bilang ada.

Dari penjelasan kakak, nampaknya prosesnya tidak terlalu sulit. Aku jadi gak sabar buat coba ke kantor Pos lagi hahaha
Terimakasih banyak, ya.

1 Like

Halo, kak!

Terimakasih banyak buat penjelasannya, ya. Gambaran tarifnya jadi lebih jelas dan aku jadi punya cadangan pertanyaan waktu ke kantor Pos nanti.

Wish me luck with my first postcrossing haha

1 Like

Kalo bisa sisain 1 slot untuk tanggal 1 Oktober, karena hari pos sedunia. Kalo tarik alamat tanggal 1 nanti bisa dapet badge di profilnya. (Gak wajib kok) :grin:

Semoga berhasil kirim kartu kartunya

Terimakasih! :grin:

Buku apa tuh yg berhadiah kartu pos?

“Hidup begitu indah dan hanya itu yang kita punya” dari Dea Anugrah, kak. Terbitan Mojok dan aku beli sekitar tahun 2018/2019 gitu, di dalemnya ada bookmark sama postcard hehe

1 Like

Saya pernah sengaja beli postcard d indo kirim ke alamat saya d sg wktu itu perlu 15ribu buat prangkonya
Kurang tau skg brp … tp bisa tanya brp onkir
Kl ke usa dulu pernah bayar 25rb kl g salah pakai amplop jd d timbang.
Saya selalu ksh prangko lebih :rofl:

1 Like