Tagihan (Bea Masuk, PPN Import, Handling fee dll dsb) utk kiriman berbentuk amplop

Hai teman2 semua,
Bbrp minggu yg lalu saya mendapatkan tagihan utk surat yang saya terima. Secara nilainya tidak besar, maka saya bayar saja. Ternyata isinya hanya bbrp items yang sebenarnya tidak ada nilainya.
Ternyata di WAG juga ada bbrp teman yg mengalami, dan parahnya tagihan yg di tagihkan kepada mereka nilainya cukup luar biasa sehingga bbrp kiriman mereka tolak krn mereka tidak bersedia membayar.
Apakah teman2 ada yg pernah mengalami?
Prosedur nya sebenarnya bagaimana ya utk kiriman berbentuk amplop ini?
Dasar penilaian nya apa?
Krn ada teman yg kirimannya di tulis senilai 2.5USD (yg klo di rupiahkan hanya 37.500) namun dikenakan Bea Masuk Impor senilai 37rb dan PPN Impor senilai 57rb. Plus plus jadi totalnya 100rb+.
Semoga bisa ada pencerahan. Terima kasih sebelumnya :blush: :pray:

2 Likes

Wah, saya juga pernah 2-3 kali diminta membayar tagihan untuk amplop dari penpal tapi tidak pernah sampai semahal itu. Sampai sekarang masih kurang paham kenapa tiba-tiba harus bayar. Kurir pos saya pun bingung. :sweat_smile:

Kalau saya pernah ditagih 5.000 ~ 15.000 rupiah, selalu berbeda nilainya, dan tidak semua kiriman ditagih atau dilihat isinya. Biasanya kalau ditagih ditunjukin surat dari bea cukai. Kalau dari surat yang saya sih, ada yg ditagih karena nilai barang isinya melebihi 3 USD (padahal isinya menurut saya tidak sampai segitu, bahkan amplopnya tidak ada tanda dibuka dan dicek isinya), tapi saya tidak diminta bayar senilai 3 USD tapi cuma Rp5.000 seingat saya… Lalu ada yang bukan karena nilai barang tpi kesannya seperti POS nagih biaya penitipan gitu… karena amplop tsb sampainya memang lama, entah nyasar dulu atau bagaimana… Dan entah kenapa bayarnya sampai Rp15.000 karena ada pajak dan sebagainya :sweat:

Mungkin saya yang kurang paham prosedurnya, jadi nilai tagihan dan alasannya terasa sangat tidak jelas dan random… Semoga ada yang bisa menjelaskan :pray:

Kalau semakin sering ditagih atau tiba-tiba harus bayar mahal, sepertinya saya harus berhenti penpaling :cry:

1 Like

Nah bener. Ini jg yg saya rasakan. Kmrn aja memang “cuma” 15rb sih. Tp barangnya cuma karton di stempel trs di gunting. Saya pikir2 lg… 15rb saya bisa dpt washi tape 1 box isi 5 dgn motif yg lucu2. Kan mending saya tolak aja ya wkt itu :pensive: Akhirnya jd malas kirim2an lg ya klo gitu. Apalagi klo semakin mahal tagihannya.

1 Like

Dulu sering juga ditagih waktu masih aktif main tag teh yang isi 5. Jadi yang kena itu amplop-amplop isi teh, sekitar 20K per amplop. Cuma anehnya kadang ada amplop yang ga kena bea, mungkin karena lebih kecil dan tipis kali ya padahal jumlah teh di dalamnya sama 5 kaya yang kena.

Iya bener, saya baru pertama kali sih dpt tagihan pdhl sblm2nya cukup banyak amplop yg berdatangan dan bbrp malah lbh tebal drpd yg di tagihkan ini. Jd bingung dasar penagihannya itu bagaimana :face_with_hand_over_mouth:

Salam kenal Postcrosser ID,

Wuahh…betul sekarang surat2 dari luar negeri dikenakan bea masuk dan pajak.
Masalah lainnya, seringkali surat dari luar negeri (non registered mail; normal airmail) itu tidak sampai ke alamat kita, khususnya dari negara Eropa.
Sepengalaman saya dulu ketika tinggal di luar negri, kiriman dari negara mana pun, walaupun hanya dikirim dgn normal airmail selalu sampai ke alamat.
Setelah balik ke Indonesia, banyak surat yg tidak sampai alias raib. Sepertinya ada oknum(Tikus) di Pos Indonesia!.
Jadi saat ini kalau beli barang koleksi dari luar negeri, pengirimannya harus pakai registered mail, walaupun lebih mahal tapi lebih aman.

Berikutnya, mengenai biaya bea masuk. Surat diterima di bea cukai >> diperiksa/scan >> penetapan pajak masuk. Seringkali Pos Indonesia tidak konsisten mengirim surat pemberitahuan kepada penerima surat bahwa ada paket/surat yg tertahan di Pos indonesia.
Jadi kalau penerima tidak menerima surat pemberitahuan tsb, pas kita ke kantor pos menanyakan surat tsb, maka Pos indonesia akan membebankan biaya sewa gudang ke penerima surat. Semakin lama surat tsb parkir di gudang Pos, maka biayanya semakin mahal.

Oke segitu aja dulu sumbang keluh kesah utk Pos Indonesia…Cheers

1 Like

Welcome kak @Ferrywils di forum. Salam kenal dari Bali ya.

Iya bener kak, banyak kiriman yg raib, terutama surat. Pdhl pas awal2 corona malah lancar dan gk banyak yg raib loh. Mgkn :rat: nya WFH ya jd surat2 kita aman :sweat_smile: 2018-2020 dan skrg 2021- skrg banyak yg tidak sampai :smiling_face_with_tear:

Lucunya ada kejadian dimana muncul tagihan namun di rincian tidak kena pajak, jadi biaya yg muncul hanya biaya admin pos 5rb + PPN. Yang tidak saya mengerti apabila tidak ada pajak knp muncul tagihan pajak yg ternyata rinciannya hanyalah biaya admin

Nah iya ini juga, biaya penyimpanan ya. Biaya2 yg gk jelas, dikit2 jd berasa juga.

Yg baru2 ini saya alami, bersyukurnya tidak muncul tagihan pajak, tp amplop di buka dgn kasar sekali sehingga sobek pdhl kita ngirim2 kan kadang ada nilai artistic nya. Wax seal di buka paksa, amplop dibuka dgn cara disobek dgn kasar, kemudian sesudahnya diisolasi (tidak dgn rapi) dgn isolasi bening yg kemudian berlanjut ke depan surat mengenai prangko. Wah ngeliatnya itu nyes bgt di hati.

Ah sudah lah.

Perkara sulit ini @IndonesiaRaya

2 Likes

Met malam dan Salam kenal juga,

Mengenai Bea masuk sebesar Rp.5000 itu wajib, diluar pajak barang masuk yg ditentukan Bea cukai.

Ohw, berarti bukan saya aja yg mengalami surat dari luar negri raib…belakangan ini sejak awal 2022 banyak Surat yg tidak sampai. Anehnya hanya dari negara2 tertentu yg tidak sampai, biasanya Negara Eropa, Amerika. Sedangkan Dari Negara Asia/Australia aman aman saja.

Keliatannya modusnya tidak random, tetapi ada target dari negara2 tertentu. Kalaupun setelah “diamankan” dan isinya kurang berharga atau Surat saja, paling diambil perangko-nya. Kalau isinya barang koleksi, yah dijual lagi.

Tabik


Ini contoh Surat pemberitahuan Dari Pos Indo. Pengiriman pake registered mail, ditambahin lagi kena biaya lain lain. Sigh

Setau saya klo surat biasa gk kena biaya apa2. Apakah saya saja yang beruntung ya bbrp amplop saya terima tanpa tagihan apapun :laughing:

Klo pengalaman saya random. Saat ini saya sedang menunggu surat dr Jepang, dikirim bulan Juni. Aneh saja krn biasanya kiriman masuk cuma butuh waktu max sebulanan, ini Agustus sudah mau berakhir tp masih blm sampai juga. Semoga saya hanya suudzon dan minggu depan sampai. Sudah 3 minggu pak pos gk mampir. Padahal hrsnya masih tetap ada yg datang.

Bulan Agustus ini apakah ada terima surat dgn tagihan lagi?
Bagaimana dgn teman2 lainnya?
Saya tidak ada kiriman masuk 3 minggu terakhir dan bulan lalu yg saya terima cuma 2 buah postcard jd gk tau apakah masih terus berlanjut tagihan2 utk surat ini.

1 Like

Saya ada terima surat di pertengahan Agustus 2022, untungnya tidak dikenakan pajak. Hanya bayar Bea masuk Rp.5000 saja. Surat datang dari Jerman.

Bea masuk import 5rb, tanpa biaya admin pos dan tanpa handling fee?

Sorry maksudnya hanya bayar Pelalubeaan, 5000 saja

Untuk detail aturannya seperti di bawah ini.

Penyerahan Kiriman Impor melalui Pos

  1. Kiriman impor yang melalui pemeriksaan Bea Cukai baik yang dikenkan Bea Masuk dan Pajak Dalam Rangka Impor maupun yang hanya dikenakan PPN, akan dikenakan Biaya Pelalubeaan yang besarnya adalah sebagai berikut :
  • *)Untuk kiriman dengan FOB < USD 3, Biaya Pelalubeaan adalah sebesar Rp5.000,00

  • *)Untuk kiriman dengan FOB USD 3 s.d < USD 75, Biaya Pelalubeaan adalah sebesar Rp10.000,00

  • **)Untuk kiriman dengan FOB USD 75 s.d USD 1500, Biaya Pelalubeaan adalah sebesar Rp20.000,00

  • **)Untuk kiriman dengan FOB > USD 1500, Biaya Pelalubeaan adalah sebesar Rp50.000,00

  • Kiriman pada poin *) akan diantarkan kepada penerima dan bea dipungut dan disetorkan oleh Petugas Pos.

  • Kiriman pada tanda **) di atas , kiriman diambil di loket serah Kantorpos dan penerima ataupun yang dikuasakan menyetorkan bea di Loket bayar Kantorpos

  1. Kiriman impor yang ditetapkan di kenai Bea Masuk/ Pajak Impor, diserahkan di Kantorpos setelah Bea Masuk/ Pajak dan Bea Lainnya diselesaikan di loket Kantorpos.

Karena sering utk bayar Pelalubeaan, sekarang saya install “Pospay” utk bayar Pelalubeaan, baru Surat dikirimkan ke Alamat kita.

1 Like

Terima kasih utk info nya, lengkap sekali :pray:

Hanya saja bbrp kali kejadian muncul biaya utk amplop yg nilainya tidak sampai 3USD :see_no_evil: jd gk tau deh gmn sih cara ngitungnya :sweat_smile:

Hallo cc kk
Saya penasaran sering kirim postcard ke indo tp banyak bgt gak sampai.
Apa karena hrus bayar apa karena gak registeres mail ya? :smiling_face_with_tear::smiling_face_with_tear::smiling_face_with_tear:

Wah susah ini pertanyaannya :sweat_smile:
Knp banyak yg gk sampe? hmmm krn banyak :mouse2: berkeliaran :rofl:
Klo mau dikirim pake registered mail boleh aja sih, mgkn (mgkn loh yaaa, gk jaminan juga) lbh banyak yg nyampe tapi (hrsnya lmyn lebih) mahal hehehe

1 Like

Kemungkinan jawabannya banyak :rofl:

Tapi kalo yang baru baru ini agak lambat gara gara update stiker LPU. Udah 2 bulan setengah belum terima incoming sampe inactive akun postcrossing dan males kirim kirim kartu :face_exhaling:

Kirim kartu pake regis sayang banget kayaknya kecuali paket

1 Like

Kalau registered mail paling pasti di atas SGD 10 . Nah terus nanti yg nerima hrus bayar gak??
Kirim dr eropa gk sampe … padahal prangko minim euro 1.20.
Kirim dr singapur sesama asia ttp aja gak sampe
Padahal alamat yg nerima apartemen bukan masuk2 gang :expressionless::expressionless:
Pusing jadinya padahal saya mau kirim lg dr korea
Karena ada yg minta swap

Kalo pake regis kemungkinan besar kena bea yang terima, tapi pernah 2x dapet kiriman regis dan gak kena bea sama sekali. Kadang gak ngerti juga gimana ada yang bisa kena bea dan ada yang gak kena

Yang lemot kayaknya di mail processing centrenya di kantor pos pusat. Tapi ya gitu deh Pos Indonesia mah :rofl: . Mungkin juga gak ada pak pos yang anter

Tahun lalu terima dari Korea, sampenya 3 bulan lebih ke Jakarta. Gara gara layanan dari Korea ke Indonesia cuma ada surface mail :ferry: . Tapi gak tau juga kalo sekarang

1 Like